rajibraj Mar 07, 2024

kkn universitas pgri semarang kelompok 57 mengadakan sosialiasi cara merawat dan menyikat gigi dengan benar pada anak usia sekolah dasar di desa wisata kandri kecamatan gunung pati kota semarang

  • adminkandri
  • 1030x Dilihat

1 Maret 2024
Lokasi : RT 003 RW 003 , Desa Kandri, Kelurahan Gunung Pati, Kota Semarang. Jawa Tengah
Tanggal kegiatan : 1 Maret 2024
 
Semarang, 1 Maret 2024- KKN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG yang dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari 2024 hingga 16 Maret 2024.  Pada KKN kali ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Digital Menuju Kebangkitan Ekonomi”.
Agenda Minggu ke 1 Kelompok 57 KKN  UPGRIS 2024 yang diketuai oleh Farhan Adi Wibowo (21) serta pengurus bidang kesehatan Ignazius Jhonatan (22) dan Sania Khuluq (21)  di  Desa Kandri, Kelurahan Gunung Pati, Kota Semarang. Jawa Tengah di isi dengan kegiatan " sosialiasi cara merawat dan menyikat gigi dengan benar pada anak usia sekolah dasar "  kegiatan ini diadakan karena pentingnya mengganti sikat gigi setiap beberapa bulan sekali dan kurangnya kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut pada anak anak. Hal ini diketahui ketika dilakukan survei pada minggu 1 dan 2 di mana gigi anak – anak di lokasi tersebut sudah ada yang mengalami kerusakan sehingga malu untuk tersenyum dan tidak mengetahui bahwa terdapat cara untuk menggosok gigi yang baik dan benar, terlebih para orang tua yang juga mengakui kurang memahami akan kesehatan gigi dan mulut. Dengan kegiatan yang dilakukan dengan mengajarkan cara menggosok gigi dapat menjadi tindakan preventif terhadap kerusakan atau penyakit yang lebih serius pada gigi dan anak-anak dapat menunjukkan senyum cemerlang karena gigi sehatnya. Selain dengan peragaan menggosok gigi, kegiatan ini juga diisi dengan edukasi seputar menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga mencuci tangan menurut WHO.
Dalam kegiatan ini mahasiswa Upgris membagikan Pasta dan sikat gigi kepada anak-anak desa wisata kandri yang hadir pada pengajian sore hari, kegiatan ini dilaksanakan setelah anak-anak melakukan kegiatan mengaji.
Kegiatan yang merupakan program kerja yang pertama ini dimulai dengan penjelasan mengenai kesehatan rongga mulut dengan media poster yang dibagikan pada tiap anak – anak serta para ibu dan bapak yang ikut hadir.
Puncak kegiatan ini adalah peragaan gosok gigi yang baik dan benar oleh mahasiswa dengan media model gigi yang sudah di siapkan. Selama kegiatan berlangsung, anak – anak memperhatikan dengan seksama dan dilanjutkan dengan pemberian sikat gigi dan pasta gigi kepada setiap anak – anak yang hadir.